Download Soal Penilaian Harian Matematika Kelas 4 Semester 2 (Pengukuran Sudut)


Soal ini selesai saya tulis dini hari pukul 01.00. Ramai suara kodok saling bersautan di kali depan rumah ditambah kokok beberapa ayam jantan dari kejauhan, saling sahutmemberi tanda bahwa tengah malam telah lewat. Saya belum tidur dari sore tadi ingin menyelesaikan soal penilaian harian matematika kelas 4 bab pengukuran sudut, soal matematika terakhir dari 4 soal untuk kelas 4 semester 2. Tiga soal sebelumnya, soal untuk bab pengolahan data, hubungan antar garis, keliling dan luas bangun datar sudah selesai beberapa hari yang lalu.



Saya lihat anak kedua saya sudah tidur lelap setelah beberapa menit lalu muntah, menangis, badannya sedikit panas, dan seharian tidak mau makan. Istri saya juga mulai nyenyak setelah menggendong anaknya itu dari pagi sampai malam karena anaknya tidak mau digendong orang lain termasuk saya. Daripada tidak mau saya gendong, saya putuskan untuk menyelesaikan soal ini dan tetap membantu istri saya ketika ia minta bantuan, mengambilkan tisu misalnya, atau popok, atau apapun yang dia perlukan.

Kipas angin tidak berhenti berputar dari tadi setelah maghrib. Suaranya sedikit lebih keras dibanding tadi sebelum pukul sebilan. Setiap hari memang seperti itu, suara-suara, seperti suara detak jarum jam, cicak bertengkar, dan dengkuran, akan terdengar lebih kencang jika mendekati tengah malam dan tetap kencang sampai pukul 03.00 saat pengeras suara di masjid dekat rumah dihidupkan.



Malam memang memberi ketenangan, sangat tepat untuk melakukan aktivitas seperti menulis soal. Hampir semua soal yang saya unggah di blog ini selesai ketika tengah malam. Selain itu malam juga memberikan rasa kantuk. Sebenarnya rasa kantuk itu nikmat, namun tidak mengalahkan nikmatnya menyelesaikan soal. Sehingga saya tahan rasa kantuk itu demi soal ini. Beberapa kali saya salah tulis karena mengantuk dan jangan khawatir dengan soal yang saya tulis ini maupun soal yang saya tulis sebelumnya, kesalahan itu sudah saya perbaiki.

Soal penilaian harian matematika kelas 4 (Pengukuran sudut ) ini terdiri dari 15 butir soal pilihan ganda, 10 butir soal isian, dan soal uraian 5 butir. Semua soal itu pengembangan dari Kompetensi Dasar (KD) 3.12. (Menjelaskan dan menentukan ukuran sudut pada bangun datar dalam satuan baku dengan menggunakan busur derajat)

Baca Juga:



Berikut ini link untuk mengunduh soal penilain harian matematika kelas 4 semester 2 (pengukuran sudut):
  • Soal penilaian harian matematika kelas 4 semester 2 (pengukuran sudut) [unduh]
  • Pemetaan KD Soal penilaian harian matematika kelas 4 semester 2 (pengukuran sudut) [unduh]
  • Kunci jawaban soal penilaian harian matematika kelas 4 semester 2 (pengukuran sudut) [unduh]
Semoga bermanfaat dan berkah bagi kita semua. Amiiin.
Previous Post
Next Post

0 komentar: