Download Soal Penilaian Harian Matematika Kelas 4 Semester 2 (Keliling dan Luas Bangun Datar)


Alhamdulillah kita masih diberi kesempatan untuk menghirup udara segar kehidupan. Memandang langit yang diterangi matahari pada siang hari dan menikmati indahnya malam yang berbalut gelap dan cahaya bulan. Berkumpul dengan keluarga -anak, istri, ibu, bapak, saudara-saudara-, berkumpul dengan sahabat, dan orang-orang di sekeliling kita. Semua itu adalah anugrah yang patut kita syukuri.

Kita syukuri nikmat itu dengan senantiasa berfikir positif, menjauhi rasa sakit hati, selalu bahagia, saling berbagi, dan hal-hal positif lainnya. Dengan itu semua, semoga kita akan diberkahi dengan nikmat yang banyak dan kebahagian yang berlimpah serta keberkahan-keberkahan lainnya.



Pada postingan kali ini, yang saya beri judul download soal penilaian harian kelas 4 semester 2 (keliling dan luas bangun datar ini) saya akan mengunggah tiga file, antara lain: file soal, pemetaan KD dan kunci jawaban.  File-file tersebut bisa diunduh dengan gratis.

Pertama soal. Soal yang saya unggah pada postingan kali ini adalah soal untuk penilaian harian siswa kelas 4 pada semester 2 bab keliling bangun datar, pengembangan dari kompetensi dasar 3.9 (Menjelaskan dan menentukan keliling dan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan akar panggkat dua) Jadi di dalam soal ini ada 3 bangun datar, seperti yang telah disebutkan di atas, yang dipelajari. Dipelajari cara mencari keliling dan luasnya atau dipelajari cara mencari unsur-unsur lainnya seperti sisi pada persegi, panjang dan lebar pada persegi panjang, serta alas dan tinggi pada segitiga.



Kedua, pemetaan KD. Pemetaan KD berisi daftar KD dari tiap soal. Untuk mengetahui, Misalnya, soal nomor 1 itu pengembangan dari KD berapa? Bisa diketahui dengan melihat file pemetaan KD ini. Namun, semua soal penilaian harian matematika kelas 4 semester 2 (keliling dan luas bangun datar) ini adalah pengembangan dari KD 3.9, tanpa pemetaan KD pun sebenarnya tidak apa-apa karena sudah jelas soal nomor 1 sampai dengan nomor 30, semua adalah pengembangan dari KD yang sama, KD 3.9.

Ketiga, kunci jawaban. Saya selalu menyertakan kunci jawaban setiap mengunggah soal meskipun saya tahu Bapak/Ibu guru yang mengunduh soal ini bisa membuat kunci jawaban. Namun, saya beranggapan kalau pembuat soal hanya memberikan soal tanpa memberi kunci jawaban, jangan-jangan soalnya tidak bisa dijawab. Selain itu, dengan adanya kunci jawaban, Bapak/Ibu guru bisa menghemat waktu. Waktu yang seharusnya dipakai untuk membuat kunci jawaban bisa dipakai untuk kegiatan lain.



Tidak perlu panjang lebar, langsung saja kita menuju link unduh ketiga file tersebut. Berikut ini link untuk mengunduh soal penilaian harian matematika kelas 4 semester 2 (keliling dan luas bangun datar), pemeteaan KD, dan Kunci jawaban:
  • Soal penilaian harian matematika kelas 4 semester 2 (Keliling dan Luas Bangun Datar) [unduh]
  • Pemetaan KD Soal penilaian harian matematika kelas 4 semester 2 (Keliling dan Luas Bangun Datar) [unduh]
  • Kunci jawaban Soal penilaian harian matematika kelas 4 semester 2 (Keliling dan Luas Bangun Datar) [unduh]
  • Video Soal Penilaian Harian Matematika Kelas 4 Semester 2 (Keliling dan Luas Bangun Datar) [saksikan]
Previous Post
Next Post

0 komentar: