Download Soal Penilaian Harian Matematika Kelas 4 Semester 2 (Pengolahan Data)


Soal penilaian harian matematika kelas 4 semester 2 (pengolahan data) ini adalah soal yang penulisannya memerlukan watu terlama kedua setelah soal penilaian harian matematika kelas 5 semester 2 (pengolahan data). Keduanya sama-sama bab pengolahan data. Soal-soal pengolahan data banyak memuat tabel dan diagram yang, untuk menulisnya, membutuhkan waktu cukup lama. Seperti diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran, dalam membuatnya harus selalu mengutak-atik menu insert chart pada program word. Satu soal yang memuat diagram lingkaran misalnya, paling tidak membutuhkan waktu 5 menit bahkan bisa lebih.



Kalau soal pengolahan data kelas 5 kemarin memerlukan waktu 3 hari, soal ini perlu waktu 2 hari penuh untuk menyelesaikan. Soal kelas 4 lebih cepat selesai 1 hari karena di dalam soal ini tidak membuat diagram garis dan diagram lingkaran. Kelas 4 belum diajarkan diagram tersebut. Dari ketiga diagram, batang, garis, dan lingkaran, yang membutuhkan waktu paling lama adalah membuat diagram lingkaran, apalagi diagram lingkaran yang menggunakan derajat. Untuk membuatnya harus selalu mengutak-atik menu chart.



Meskipun memerlukan waktu lama, saya tidak tahu mengapa, saya menikmati proses menulisnya. Ada sesuatu yang tidak bisa saya ungkapkan. Saya menulis soal ini kadang tidak tidur sampai pukul 03.00 dini hari. Kadang harus bangun tengah malam. Soal penilaian harian matematika kelas 4 semester 2 (pengolahan data) ini selesai pukul 02.00, sedangkan soal penilaian harian matematika kelas 5 dulu selesai pas pukul 03.00.

Baca Juga:
Soal-soal penilaian harian matematika baik kelas 4 maupun kelas 5, semuanya saya tulis sendiri. Tidak mengunduh dari blog orang lain. Berikut ini link untuk mengunduh soal, pemetaan, dan kunci jawabannya:


  • Soal Ulangan Harian Kelas 4 Semester 2 (Pengolahan Data) [unduh]
  • Pemetaan KD Soal Ulangan Harian Kelas 4 Semester 2 (Pengolahan Data) [unduh]
  • Kunci Jawaban Soal Ulangan Harian Kelas 4 Semester 2 (Pengolahan Data) [unduh]
  • Video Soal Ulangan Harian Kelas 4 Semester 2 (Pengolahan Data) [saksikan]
Previous Post
Next Post

4 comments:

  1. Terima kasih. Sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini.

      Delete
  2. Usia ayah 52 th
    Usia ibu 50 th
    Usia kakak 15 th
    Usia adik 7 th
    Usiaku 10 th
    Usia nenek 75 the
    Berapa rata rata usia keluargaku
    Plisss tolong bantu

    ReplyDelete
  3. izin dowloan ya min. terimakaih smoga Allah membalas keabikannya

    ReplyDelete