Kumpulan Soal Sumatif Lingkup Materi PPKn Kelas 4 Kurikulum Merdeka Semester 2

 

Sebenarnya tulisan ini jauh dari bahasan tentang soal sumatif lingkup materi PPKn Kelas 4 Semester 2. Tidak ada hubungannya sama sekali. Tulisan ini hanya sebagai latihan rutin saya dalam menulis. Beberapa waktu yang lalu, kira-kira sebulan yang lalu, saya mengikuti kursus online gratis. Di dalam kursus tersebut ada materi yang membahas tentang free writing—menulis sebebas-bebasnya. Benar-benar bebas sampai kalau ada kata yang salah atau susunan kalimat yang kurang tepat, kita tidak diharuskan menyunting. Tulisan hasil dari free writing tidak bertujuan memukau siapa pun, hanya untuk membiasakan kita menulis. Hasilnya jelek tidak apa-apa, sangat juuuuelek juga boleh-boleh saja.

Saya menulis ini hanya 10 menit. Menulis sebanyak-banyaknya dalam waktu 10 menit. Tidak memberi kesempatan kepada "pikiran tidak puas" saya sedikit pun untuk ikut campur. Karen kalau pikiran itu ikut campur, dia biasanya suka menyunting tulisan dan membuat 10 menit tidak cukup untuk memperoleh banyak tulisan. Saya pernah menulis satu kalimat tidak selesai dalam 10 menit karena campur tangan rasa tidak puas. Jadi, saya menulis ini, hasilnya apa pun, harus puas. Tujuan dari free writing ini juga untuk membiasakan kedua jempol saya mengetuk tombol-tombol abjad di layar. Dengan membiasakan free writing kedua jempol saya akan dengan mudah menekan abjad-abjad dengan sedikit kesalahan sehingga tidak banyak menghapus dan bisa menulis cepat.

Freewriting bisa saya lakukan di mana saja. Seperti menulis tulisan ini, saya melakukannya di WC. WC lebih tenang menurut saya. Saya bisa memikirkan apa saja dan menulis apa saja. Saya bisa satu jam di WC. Dari pada bengong satu jam, khayalan-khayalan yang muncul ketika saya bengong bisa saya rupakan dalam bentuk tulisan, sekalian untuk melatih kedua jempol saya supaya lebih akrap dengan tombol-tombol di layar HP saya. 

Saya menggunakan penghitung waktu di google untuk membantu saya dalam freewriting. Saya ketik stopwtch di pencarian google, muncul stopwatch online dan saya pilih menu timer kemudian saya seting waktunya 10 menit. Ketika waktu dalam timer itu mulai menghitung mundur, saya mulai menulis. Kalau sudah 10 menit, alarm akan berbunyi dan saya harus berhenti menulis. Dan alarm sudah berbunyi, saya berhenti menulis.

Unduh file Soal Sumatif Lingkup Materi atau Ulangan Harian Kurikulum Merdeka PPKn Kelas 4 Semester 2

Soal PPKn Bab 4 [unduh] Kunci Jawaban [unduh]

Soal PPKn Bab 5 [unduh] Kunci Jawaban [unduh]

Penting...!!! Cara unduh file: 

1. Klik link unduh berwarna merah

2. Tunggu SaveLinkConverter sampai 100%


3. Tungu sampai muncul tombol Unduh File
4. Klik Tombol Unduh File

Previous Post
Next Post

0 komentar: