Kumpulan Soal Sumatif Lingkup Materi IPAS Kelas 4 Kurikulum Merdeka Semester 2

 

"Mergawe molok Londo," begitu kata orang-orang dulu ketika mereka mengeluhkan pekerjaan yang tidak ada hentinya, pekerjaan yang tidak mengenal waktu, atau pekerjaan yang terlalu berat. Mungkin kalimat itu terinspirasi dari sestem kerja Rodi yang dibuat oleh Belanda dulu, yang katanya memperkerjakan orang-orang Indonesia tanpa diberi upah dan disiksa. Film-film penjajahan Belanda juga memperlihatkan kejamnya Belanda dalam menyiksa orang-orang Indonesia.

Saya membuat soal ini juga "mergawe melok Londo". Londo di sini mengalami perluasan makna, dari Belanda menjadi orang luar negeri. Bukan sekarang saja Londo mengalami perluasan makna, dulu tentara bayaran dari Srilanka juga dinamakan Londo Gurka (orang-orang di tempat saya bilangnya Londo Gorga). Yang membayar saya ketika anda membuka blog ini adalah Adsense, kantornya di Amerika. Jadi, saya kerja ikut Londo Adsense karena mereka yang membayar saya.

Mergawe melok Londo Adsense tidak seperti mergawe melok Londo di film-film penjajahan itu. Saya tidak pernah disiksa bila saya tidak mau bekerja, cuma tidak digaji saja. Kalau pun saya tersiksa, yang nyiksa, ya, diri saya sendiri. Misalnya, ketika nulis bahan postingan sampai tidak istirahat karena ingin segera selesai dan segera bisa memposting. Sebenarnya tidak ngoyo juga tidak apa-apa, tidak ada yang memaksa untuk menyelesaikan postingan. Cuma, kalau tidak ngoyo kadang saya ketinggalan momen. Momen mengunggah postingan itu penting. Misal, kalau waktunya penilaian tengah semester, saya harus sudah punya postingan soal-soal PTS. Karena blog saya sekmennya SD, saya harus memosting soal PTS kelas 1 s.d. 6 untuk semua tema atau semua mata pelajaran. Berpuluh-puluh soal yang harus saya ketik agar tidak mengecewakan pengunjung blog.

Pada postingan kali ini saya mengunggah soal Sumatif Lingkup Materi, kalau dulu kita menyebutnya ulangan harian atau penilaian harian. Kali ini mapelnya adalah IPAS. Mapel gabungan IPA dan IPS. Bentuk soalnya merujuk pada soal-soal AKM: ada soal pilihan ganda, pikihan ganda kompleks, isian, menjodohkan  dan uraian. Dengan begitu, siswa menjadi terbiasa dengan soal-soal model AKM agar di kelas 5 nanti mereka lebih siap menghadapinya.

Unduh file Soal Sumatif Lingkup Materi atau Ulangan Harian Kurikulum Merdeka IPAS Kelas 4 Semester 2

Soal IPAS Bab 5 [unduh] Kunci Jawaban [unduh]

Soal IPAS Bab 6 [unduh] Kunci Jawaban [unduh]

Soal IPAS Bab 7 [unduh] Kunci Jawaban [unduh]

Soal IPAS Bab 8 [unduh] Kunci Jawaban [unduh]


Penting...!!! Cara unduh file: 

1. Klik link [unduh]

2. Tunggu SaveLinkConverter sampai 100%


3. Tungu sampai muncul tombol Unduh File
4. Klik Tombol Unduh File

Previous Post
Next Post

0 komentar: