Download Soal Penilaian Harian Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 | Kurikulum 2013



Ini adalah soal terbaru Kelas 6 Semester 1 Tema 1 Subtema 1. Saya sebut terbaru karena sebelum-sebelumnya, blog ini mengunggah soal penilaian harian  kelas 6 semester 1 per tema, bukan per sub tema. Jadi, cuma ada 5 file soal penilain harian: soal penilaian harian kelas 6 tema 1, tema 2, tema 3, tema 4, dan tema 5. Sekarang, penilaian harian kelas 6 semester 1 ini, ada lima belas filetiga file per tema dan semester 1 ini ada lima tema.


Saya yakin masih ada guru yang lebih memilih soal penilaian harian per tema. Mereka memilih soal per tema agar tidak terlalu banyak melaksanakan kegiatan penilaian harian. Saya paham, kalau memilih penilaian harian per subtema berarti harus melaksanakan lima belas kali penilaian harian dalam semester 1, belum termasuk penilaian harian matematika, mutan lokal, dan PABP. Bagi guru yang memilih penilaian harian per tema bisa mengunduh filenya di tautan ini: Soal Penilaian Harian Kelas 6 Tema 1.

Di dalam file Soal Penilaian Harian Kelas 6 Semester 1 Tema 1 Subtema 1 ini ada dua puluh lima butir soal: 10 pilihan ganda, 10 isian, dan 5 uraian; mencakup lima mupel: PPKn, B. Indonesia, IPA, IPS, dan SBdP─masing-masing lima soal. Pengelompokkan soal berdasarkan muatan pelajaran dan KDnomor 1 sampai dengan nomor 5 soal PPKn, nomor 6 sampai dengan nomor 10 soal B. Indonesia, dan seterusnya.


Saya mengelompokkan soal berdasarkan muatan pelajaran dan KD dengan tujuan memudahkan guru dalam menilai hasil pekerjaan siswa. Dulu, ketika susunan soal masih acak, tidak dikelompokkan per muatan pelajaran per KD, guru perlu waktu lama untuk mengoreksi dan dan menilai pekerjaan siswa. Guru harus melihat pemetaan soal dulu, mencari soal PPKn ada di nomor berapa, soal IPA ada di nomor berapa, dst.

Pengelompokkan soal per muatan pelajaran per KD juga memudahkan guru merekap nilai dan  memasukkan nilai ke dalam format daftar nilai─seperti yang kita tahu, di dalam format daftar nilai, nilai dikelompokkan per muatan pelajaran dan KD bukan per tema atau per subtema. Mudahnya guru menilai dan merekap nilai, akan mempercepat kerja guru. 


Berikut ini link untuk mengunduh Soal Penilaian Harian Kelas 6 Semester 1 Tema 1 Subtema 1 | Kurikulum 2013 beserta kunci jawabannya:
  • Soal Penilaian Harian Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 [unduh]
  • Kunci Jawaban Soal Penilaian Harian Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 [unduh]
  • Kerjakan Secara Online [klik]
Baca Juga:
Previous Post
Next Post

0 komentar: